0274-512160 / 081215168833 hspg.live@gmail.com

Oleh , 20 December 2018

Oleh : Anggo Marantika (General Manager)

Peningkatan berbagia aspek dilakukan Homeschooling Primagama (HSPG) sebagai bentuk komitmennya untuk berkontribusi di bidang pendidikan. Kompetensi guru menjadi salah satu fokus utama untuk ditingkatkan. Mengangkat tema Guru sebagai identitas dan sumber inspirasi kebahagian, workshop peningkatan kapasitas guru HSPG diselenggarakan. Ir Kusnanto menegaskan dihadapan peserta workshop, seyogyanya empat kompetesi guru selalu diperhatikan. Melalui kegiatan ini, kusnanto menyampaikan guru HSPG perlu memiliki identitas yang jelas. Berkompetensi, berkarakter, kreatif dan bahagia adalah identitas yang diharapkan dari pendidik di HSPG.

Kegiatan ini diselenggrakan tanggal 18 dan 19 Desember 2018. Sebanyak lebih dari 60 guru HSPG ikut dalam workshop ini. Materi fun learning disampaikan oleh Anggo Marantika, General Manjer sekaligus juara 2 tingkat nasional apresiasi GTK PAUD dan Dikmas berprestasi tahun 2017. Metode mengajar CIE, creative innovative and entrepreneurship disampaikan dengan cara unik. Anggo mengharapkan guru mampu membuat kelas menjadi lebih fun dengan mengimpementasikan metode tersebut. Salah satu kunci keberhasilan dalam mengajar adalah strategi yang digunakan. Anggo menjelaskan, guru HSPG tidak boleh terjebak dalam pengingkatan area kognitif saja, melainkan pembenahan area afektif dan keterampilan yang mampu menunjang performa peserta didik.

Lebih lanjut, guru distimulasi untuk melakukan pengorganisasian materi melalui pembuatan materi intruksional. Ratri widati, dan Munifah, Juara 1 dan 3 tingkat Nasional apresiasi GTK PAUD dan Dikmas berprestasi tahu 2018, menjadi pemateri dalam sesi tersebut. Ke duanya menjelaskan pentingnya guru dalam pembuatan rancangan pembelajaran yang mudah dipahami. Dengan adanya kegiatan ini, seluruh kompetensi guru di HSPG menjadi lebih baik.

Selain kompetensi pedagogik, aspek professional, sosial dan kepribadian pendidik HSPG ditingkatkan dengan berbagai cara. Hal tersebut bertujuan untuk membentuk guru yang siap dalam menghadapi era industry 4.0. Dengan guru yang siap akan tantangan, dihasilkan output yang diharapkan.

Sebanyak lebih dari 60 pendidik di HSPG berkomitmen untuk membuat pembelajaran yang menyenangkan. Hal tersebut bertujuan mengatasi problematika pendidikan yang dialami siswa, mengingkatkan motivasi belajar, rasa aman dan nyaman saat belajar. Melalui inovasi peningkatan kompetensi guru, HSPG dapat menjadi model pendidikan alternatif yang menghasilkan output unggul di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *