0274-512160 / 081215168833 hspg.live@gmail.com

Oleh , 24 September 2014
Ketua Panitia Kongres ASAH PENA 2014 yang juga Direktur Homeschooling Primagama (Ir.Kusnanto, M.N) bersama dengan para tokoh Pendidikan Alternatif Indonesia

Ketua Panitia Kongres ASAH PENA 2014 yang juga Direktur Homeschooling Primagama (Ir.Kusnanto, M.N) bersama dengan para tokoh Pendidikan Alternatif Indonesia

Saat ini homeschooling atau sekolah rumah menjadi pilihan para orang tua untuk mendidik anak – anaknya. Walaupun diberi istilah sekolah rumah, sebenarnya proses belajar sekolah rumah tidak benar – benar selalu ada di rumah. Homeschooling bisa dilaksanakan dimana saja, kapan saja bias berjalan secara individu maupun bersama komunitas pelaku homeschooling. Namun, titik penting yang perlu digaris bawahi adalah mendidik anak dengan cara homeschooling dimana orang tua bertanggung jawab secara nyata dan penuh kasih saying terhadap pendidikan anak – anaknya. Bukan sekedar masalah biaya, tetapi lebih kepada proses pendidikan yang akan dijalani anak – anak kita.

Untuk mensosialisasikan hal tersebut, Homeschooling Primagama bekerjasama dengan Dr. Seto Mulyadi, M.Psi seorang Psikolog, tokoh senior pendidikan anak di Indonesia, yang kebetulan juga ketua Asosiasi Sekolah Rumah dan Pendidikan Alternatif (Asahpena), akan melakukan seminar dengan tema “mendidik dengan hati.” Seminar tersebut memang sangat tepat, ditengah iklim pendidikan yang semakin formalis, kaku dan pencapaian prestasi anak didik hanya diukur sekedar dari angka – angka.

Oleh sebab itu, seminar yang akan dilaksanakan bersamaan dengan Kongres Asahpena tersebut akan mengajak para orang tua, pelaku homeschooling khususnya dan masyakarat luas pecinta pendidikan untuk kembali lagi bahwa prinsip mendidik harus dengan hati, dengan kasih sayang yang penuh. Kasih sayang dalam pendidikan adalah hal yang utama. Tanpa kasih sayang, pendidikan hanya akan menghasilkan robot bernyawa tanpa ruh kasih sayang.

Memang saat ini, sudah bukan jamannya lagi orangtua mengabaikan pendidikan putra putrinya. Bukan jamannya lagi orangtua hanya pasrah sepenuhnya kepada lembaga pendidikan formal (sekolah). Sudah saatnya, orangtua yang peduli dengan pendidikan anaknya, orangtua yang peduli dengan hari depan anaknya memegang tanggung jawab secara penuh proses pendidikan putra – putrinya. Memang tepat, bahwa mendidik haruslah dengan hati.

Demikian kata Ir. Kusnanto, MM. selaku Direktur Homeschooling Primagama sekaligus Ketua Panitia Kongres ASAHPENA.

Seminar yang dilaksanakan mulai pukul 09.00, 6 September 2014 tersebut diadakan di Universitas Sanata Dharma Kampus III Paingan Maguwoharjo Sleman, sangat tepat diikuti oleh orang tua, pemerhati pendidikan, mahasiswa maupun khayalak umum yang peduli dengan pendidikan putra – putrinya.

(Panitia Kongres Asahpena di Kantor Pusat Homeschooling Primagama, Jalan Langensari no 43 Telp (0274) 512160 atau nooer handphone 082225988387, 082221474174 dan website www.homeschooling-primagama.com. / .co.id)

(FD)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *