0274-512160 / 081215168833 hspg.live@gmail.com

Oleh , 14 April 2016

RILIS – Homeschooling Primagama (HSPG) sebagai Homeschooling adalah sebuah sistem pendidikan alternatif yang saat ini menjadi pilihan orang tua untuk memberikan pendidikan kepada anak-anaknya. Dimana keberadaannya sah, diakui, sama dan sederajat dengan sekolah formal sesuai hukum di Indonesia. Homeschooling, menurut buku Sekolah Rumah sebagai Satuan Pendidikan Kesetaraan, yang dikeluarkan oleh Dinas Pendidikan Luar Sekolah Departemen Pendidikan Nasional adalah proses layanan pendidikan yang secara sadar, teratur dan terarah dilakukan oleh orangtua/keluarga di rumah atau tempat-tempat lain dimana proses belajar mengajar dapat berlangsung dalam suasana yang kondusif dengan tujuan agar setiap potensi anak yang unik dapat berkembang secara maksismal. Alasan para siswa dan orangtua memilih Homeschooling Primagama sebagai solusi pendidikan yang tepat adalah diantaranya:

  1. Siswa yang perlu perhatian khusus karena: trauma, depresi, sakit secara fisik sehingga tidak bisa hadir di sekolah.
  2. Anak-anak yang memiliki tigkat kesibukan yang tinggi seperti: atlet, artis, hingga yang
  3. Anak-anak Berkebutuhan Khusus (ABK), yaitu diantaranya:

Anak kurang Konsentrasi Belajar (AKB), autis, hiperaktif, insomnia, syndrome asperger, gifted, hingga kecanduan game online.

  1. Anak-anak yang mendapat tindakan kekerasan di lingkungan sekolah (bullying).
  2. Anak-anak yang merasakan kurikulum di sekolah formal terlalu padat.
  3. Anak-anak yang putus sekolah.
  4. Orang tua yang sering berpindah-pindah tempat tinggal

 

Penggunaan metode “school at home”, Homeschooling Primagama bisa menjadi alternatif proses pendidikan putra putri kita selain di sekolah, namun tetap memiliki standar ketercapaian materi yang kualitasnya sama dengan sekolah biasa. Proses pendampingan di Homeschooling Primagama menggunakan dua pendekatan, yaitu pendekatan PSIKOLOGIS dan pendekatan AKADEMIK. Pendekatan PSIKOLOGIS, dimana siswa diberdayakan sesuai dengan aspek MINAT BAKAT dengan membekali siswa dengan pelatihan Achievement Motivation Training (AMT), Character Building, Leadership, dan Enterpreneurship sesuai dengan potensi minat dan bakat siswa.

 

Pendekatan AKADEMIK, dimana siswa akan diberikan pengajaran sesuai dengan tingkat kemampuan (sensitive learning), gaya belajar (learning style), maupun karakter komunikasi. Dalam prakteknya, konsep pengajaran di Homeschooling Primagama menekankan pada pemberdayaan potensi otak kiri dan otak kanan siswa dan juga mengembangkan konsep belajar bagaimanacara belajar (learn how to learn) yang baik, sehingga terciptalah output anak didik yang memiliki bekal ilmu pengetahuan yang baik (knowledge), kecakapan hidup yang baik (life skill), dan juga sikap hidup yang baik (attitude).

 

Kini menjelang Tahun Ajaran Baru 2016/2017 yang akan dimulai pada Bulan Juli 2016, Homeschooling Primagama hadir di Kota Padang, tepatnya di Jl. Gajah Mada no. 34 Gunung Pangilun – Padang, nomor telp (0751) 4481381. Homeschooling Primagama juga dalam wacananya akan membuka pendaftaran untuk kelas PAUD, yang dalam 6 Tahun perjalanan Homeschooling Primagama ternyata diperoleh survey tentang  tingginya minat para orangtua yang mengharapkan adanya kelas PAUD dalam lingkup Homeschooling. Oleh karena itu Homeschooling Primagama mengambil langkah untuk mewacanakan pembukaan 4(empat) jenjang studi diantaranya PAUD – SD – SMP – SMA. Kerikulum yang digunakan hingga saat ini adalah KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) dengan basis Nasional (Kesetaraan), Internasional (Cambridge International Programs), dan Kurikulum ABK.

 

(AD)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *