0274-512160 / 081215168833 hspg.live@gmail.com

Oleh , 28 September 2018

perayaan-hut-ri-homeschooling-primagama-pusat

Menyemarakkan HUT ke-73 Kemerdekaan RI, Homeschooling Primagama (HSPG) Yogyakarta mengadakan berbagai kegiatan untuk menumbuhkan semangat nasionalisme dan bela bangsa peserta didik. Kegiatan diikuti seluruh siswa, guru dan karyawan.

Direktur HSPG Ir Kusnanto MM mengatakan, kegiatan diadakan selama tiga hari, meliputi beragam perlombaan 17an seperti lari karung, makan kerupuh, cerdas cermat, menggambar dan mewarnai. Hari berikutnya diadakan jalan sehat dilanjutkan pembagian hadiah serta doorprize dan tepat pada hari kemerdekaan 17 Agustus diadakan upacara bendera dengan menghadirkan veteran.

“Tahun ini kita hadirkan veteran era kemerdekaan untuk membakar semangat nasionalisme siswa,” ujar Bapak Kusnanto

Menurut Kusnanto, para peserta didik sangat perlu diberi pengetahuan sejarah, agar memahami perjuangan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan. “Dengan memahami sejarah, akan terbangun karakter bela bangsa dan semangat nasionalisme dalam diri anak, sehingga mampu bersaing di era globalisasi,” ujarnya.

Dikatakan oleh Bapak Kusnanto, HSPG selalu menyisipkan kearifan lokal berupa permainan/dolanan tradisional dalam proses pembelajarannya. Hal ini penting karena dalam dolanan memuat nilai-nilai gotong-royong, toleransi, kerja sama untuk membentuk karakter anak sekaligus mencintai budayanya sendiri.

“Teknologi memang penting dan harus diikuti, tapi jangan sampai anak kehilangan jati diri karena lupa sejarah dan budayanya,” katanya.

Kedaulatan Rakyat, 18 Agustus 2018

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *