0274-512160 / 081215168833 hspg.live@gmail.com

Oleh , 12 November 2014

RILIS –Setelah sukses dalam rangkaian kegiatan Outbound di Tahun Ajaran sebelumnya, kini di Tahun Ajaran 2014/2015 Homeschooling Primagama kembali mengadakan kegiatan belajar diluar kelas. Tidak jauh dari konsep penyelenggaraan outbound tahun lalu, pada tahun ajaran lalu seluruh siswa mulai dari tingkat SD, SMP, hingga tingkat SMA dikumpulkan dalam satu kegiatan selama 2 hari 1 malam ikut beraktivitas bersama induk semangu yang diadakan di Desa Wisata Imogiri. Pada Field trip kali ini dengan mengusung konsep yang hampir sama dengan outbound tahun lalu, para siswa dari masing-masing jenjang SD-SMP-SMA Homeschooling Primagama diajak berkunjung ke tempat-tempat wisata pendidikan dan budaya. Hal tersebut sesuai dengan temanya yaitu “Wisata Berwawaskan Lingkungan”.

 

Salah satu Kunjungan dalam Field Trip Homeschooling Primagama 2014 di Rumah Gerabah Painem

Salah satu Kunjungan dalam Field Trip Homeschooling Primagama 2014 di Rumah Gerabah Painem

Tempat-tempat yang dikunjungi berbeda-beda dari setiap jenjang siswa, hal ini diuatarakan langsung oleh Koordinator Field Trip (Putu Christine Ragim, S.Psi) bahwa objek-objek yang dikunjungi pengarahannya memang sengaja dibedakan sesuai dengan seberapa besar kemampuan siswa dalam menerima dan merespon pembelajaran diluar kelas. Untuk siswa SD diadakan pada 19 September 2014 di Pengelolaan Bank Sampah Kabupaten Bantul, Rumah Garuda, dan Wisata Gerabah Kasongan. Kemudian pada 10 Oktober 2014 para siswa dari jenjang SMP digiring menuju ke Wisata Perak Kotagede, Desa Wisata Internasional Tembi, dan Wisata Gerabah Painem. Giliran terakhir para siswa dari jenjang SMA akan mengikuti kegiatan yang sama di bulan ketiga penyelenggaraannya,yaitu 1 November 2014 di Kantor Pusat Pabrikasi Kedaulatan Rakyat, Grhasia Pakem, dan Lava Tour Merapi. Kegiatan Field Trip siswa SD dan SMP mengajak para siswa nya untuk mengembangkan kreasi mereka dalam seni budaya, dan pada Field Trip jenjang SMA lebih dikonsentrasikan untuk mewaspadai bahaya NAPZA yang rawan di usia mereka hingga pada puncaknya acara peduli lingkungan dengan penghujauan bersama di kaki Gunung Merapi, Kaliadem Yogyakarta. Selain penilaian dari kelayakan psikologis siswa dalam mengikuti kegiatan lapangan, Koordinator Kurikulum Homeschooling Primagama yang juga Koordinator Acara dalam field trip ini (AnggoMarantika, S.Si) turut mengutarakan bahwa nantinya kegiatan ini rencananya akan dilangsungkan rutin setiap tahunnya dan para siswa yang ikut menjadi peserta field trip akan diberikan keuntungan nilai tambahan di bidang psikologi dan akademik.

 

Secara keseluruhan kegiatan ini adalah menjadi salah satu wujud konsistensi Homeschooling Primagama dalam memberikan layanan kepada siswa sebagai cara memberikan penilaian belajar diluar kelas yang yang dituangkan dalam penilaian baik dari segi akademik dan psikologis.

 

(Redaktur: Fitri Zuraeda, SE / Fida)

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *