0274-512160 / 081215168833 hspg.live@gmail.com

Oleh , 25 October 2015

RILIS (9/10/15) – Pengenalan lingkungan budaya, tata tertib, dan mencintai lingkungan sekitar sudah seharusnya menjadi kebutuhan bagi anak-anak usia sekolah. Keluarga adalah menjadi fondasi pertama yang menanamkan kecintaan tersebut kepada si anak. Namun kini seiring perkembangan zaman  penanaman terhadap kepedulian lingkungan tidak secara rutin ditanamkan dari orangtua. Hal tersebut yang mendorong Homeschooling Primagama untuk mengadakan kegiatan fieldtrip untuk seluruh siswa didiknya dengan mengangkat tema “Kenali Lingkungamu”. Acara ini diadakan secara bertahap, dimulai dari jenjang SD pada tanggal 8 Agustus 2015 bertempat di Kraton Yogyakarta dan PASTHY, jenjang SMP 19 September 2015 bertempat di SATLANTAS POLDA DIY dan PASTHY, kemudian jenjang SMA yang baru saja dilaksanakan tanggal 10 Oktober 2015 di Pabrik Gula Madukismo dan Kantor Pos Pusat Yogyakarta.

 

Menurut Putu Christine Ragim, S.Psi selaku Koordinator acara fieldtrip, obyek-obyek yang dikunjungi menjadi pilihan karena dirasa mampu memberikan pembelajaran tentang mencintai lingkungan, belajar sambil berkarya, hingga pemahaman lebih mendalam tentang tata tertib berlalu lintas. Ibu Yuli (57) selaku Ketua Asosiasi Pedagang di PASTHY (Pasar Satwa dan Tanaman Hias Yogyakarta) turut menyampaikan bahwa PASTHY tepat dipilih menjadi obyek sasaran bagi siswa SD dan SMP selain juga sebagai wahana edukasi pengenalan berbagai jenis satwa dan tanaman, anak-anak juga dapat melakukan praktek langsung penanaman pohon seperti tanaman belimbing, jambu, anggur, dan jeruk. Hasil dari praktek penanamannya pun dapat dibawa pulang oleh masing-masing siswa agar para siswa dapat melihat hasil dari bercocok tanam dan mempraktekkan sendiri perawatan jangka panjangnya di rumah.

 

Kunjungan para siswa jenjang SMP juga mendapat sambutan hangat dari Satuan DITLANTAS POLDA DIY. Mereka diberikan pembekalan mengenai rangkaian perlengkapan kendaraan seperti SIM, BPKB, STNK, prosedur pembayaran seluruh perlengkapan tersebut, hingga CCTV kamera lalu lintas yang siaga 24 jam memantau kondisi sudut-sudut wilayah lalu lintas Yogyakarta. Ibu Sulasmi, S.H selaku KABID DITLANTAS POLDA DIY mengharapkan adanya kunjungan ini mampu meberikan pembekalan kedepan terhadap para siswa, terlebih mereka anak-anak masih dalam tahap usia remaja dimana di tahap usia tersebut justru harus sangat diberikan pengertian mengenai tertib berlalu lintas, sebelum akhirnya memasuki usia minimal wajib 17 tahun.

 

Fieldtrip Homeschooling Primagama ke Pabrik Gula Madukismo PT Madubaru Yogyakarta

Fieldtrip Homeschooling Primagama ke Pabrik Gula Madukismo PT Madubaru Yogyakarta

Dalam kunjungan terakhir Homeschooling Primagama di PT Madubaru, para siswa diperkenalkan dan diberikan pembelajaran mengenai proses pembuatan gula dan alcohol. Selain itu, kegiatan ini juga memperkenalkan PT Madubaru sebagai salah satu usaha agrobisnis terkemuka di Yogyakarta yang pengelolaannya juga dipegang oleh Sri Sultan HB X. Berlanjut dari sini, para siswa jejang SMA diajak berkunjung ke PT Pos Indonesia yang berada di titik Nol Kilometer Yogyakarta. Tujuannya adalah memberikan pemahaman bagi para siswa tetang prosedur pengiriman surat dan distibusi paket barang dari tangan pengirim hingga sampai ke alamat tujuan. Manfaatnya terlebih dapat dipraktekkan bagi para siswa yang kini mulai banyak menggunakan sistem pemesanan barang secara online sehingga dalam proses distribusinya diperlukan jasa pengiriman, atau bisa juga dapat dirsakan bagi mereka yang sudah meskipun baru memasuki usia SMA tetapi sudah mampu mengasilkan pemasukan sendiri dengan membuka bisnis produk online yang mengandalkan jasa pengiriman seperti Kantor Pos.

Ir. Kusnanto, M.M selaku Direktur Homeschooling Primagama turut menyampaikan harapannya untuk keseluruhan rangkaian acara ini dapat menjadi sarana bagi para siswa untuk mensinergikan antara teori yang dipelajari dalam proses belajar dengan lingkungan sekitarnya sehingga dapat menumbuhkan ide-ide kreatif dan inovatif dalam mengembangkan ketrampilan, peduli terhadap lingkungan dan mencitai alam sekitar, tanggap terhadap adanya peraturan dan tata tertib, sehingga mereka dapat belajar sambil berkarya dengan terkonsep di kemudian hari.

 

Zuraeda, Fida.

Head Marketing Homeschooling Primagama

9.10.15

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *