0274-512160 / 081215168833 hspg.live@gmail.com

Oleh , 01 October 2014

HSPG – (Sabtu/19 Sept 2014) Pemandangan unik ini merupakan salah satu dari cara Homeschooling Primagama memberikan pengajaran edukasi budaya kepada para siswa tingkat SD sejak dini. Jika pada Hari-hari biasa mereka belajar di dalam kelas dan mendapatkan tambahan ilmu dengan mengikuti kegiatan ekstrakulikuler di Homeschooling maupun diluar Homeschooling, pada kesempatan spesial ini Homeschooling Primagama memboyong para siswanya dari siswa tingkat SD dalam Fieldtrip (kunjungan pendidikan) yang bertajuk edukasi budaya.

Para peserta Field Trip diberikan tantangan permainan berupa menyusun puzzle Lambang Garuda

Para peserta Field Trip diberikan tantangan permainan berupa menyusun puzzle Lambang Garuda

Terdapat 3 tempat tujuan dalam Fieldtrip SD kali ini, diantaranya BANK SAMPAH di daerah Bantul, Rumah Garuda, dan Rumah Gerabah Kasongan. Anak-anak diperkenalkan cara mengolah sampah organik dan non-organik menjadi barang yang bermanfaat dan tepat guna, contohnya pembutan pupuk hingga pembuatan barang-barang kerajinan. Kemudian di Rumah Garuda, mereka diperkenalkan dengan sejarah Garuda sebagi lambang Negara Republik Indonesia yang sudah ada sejak jaman Kerajaan hingga era saat ini, lalu pada kunjungan terakhir di Rumah Gerabah Kasongan “PAINEM” anak-anak diajarkan dengan cara pembuatan kerajinan gerabah dari bahan tanah liat khusus. Koordinator kegiatan ini (Paramitha Kusumawati, S.Psi) mengungkapkan bahwa kegiatan ini diharapkan nantinya dapat memberikan dampak positif bagi para peserta Fieldtrip khususnya dalam edukasi budaya dan budi pekerti, seperti contoh kecilnya membuang sampah pada tempatnya atau bahkan dapat dimanfaatkan sebagaimana yang telah dicontohkan di BANK SAMPAH.

Kegiatan ini tidak hanya melibatkan anak-anak dan guru pendampingnya saja, tetapi para orangtua juga turut mendampingi dari awal keberangkatan hingga akhir acara. Para orangtua/wali murid sangat mengapreisiasi acara ini dan mendukung pabila kedepannya kegiatan ini rutin diadakan dalam setiap semester nya dengan tujuan tumbuh kesadaran anak akan pentingnya menghargai lingkungan sekitar, menghargai sejarah, dan menghargai hasil karya orang lain dengan semestinya. Menjadi dukungan pentingh bagi Homeschooling Primagama untuk terus-menerus meningkatkan kualitas dan kepercayaan bagi para orangtua/wali murid yang peduli akan tumbuh kembang putra/putri nya baik dari sisi akademis maupun psikologis.

 

(FD)

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *