0274-512160 / 081215168833 hspg.live@gmail.com

Oleh , 28 September 2018

Homeschooling Primagama (HSPG) Yogyakarta mengadakan field trip atau wisata pendidikan bagi siswa berkebutuhan khusus (inklusi) dan siswa jenjang Sekolah Dasar. Field trip merupakan salah satu bentuk implementasi kurikulum 2013 (K13) yang diterapkan HSPG, mulai tahun ajaran 2018 ini. Selain berwisata, terdapat aktivitas edukasi di dalamnya.

Field-Trip-SD-Homeschooling-Primagama-Jogja

Field trip hari pertama, Jumat (24/8/2018) diperuntukkan bagi siswa inklusi dengan mengunjungi Agrowisata Bumi Merapi Kaliurang. Dalam kegiatan ini 20 siswa inklusi dikenalkan berbagai macam hewan dan tumbuhan serta dijelaskan tentang perkembangbiakannya dan apa yang dimakan.

“Kegiatan field trip ini bertujuan melatih ketrampilan siswa terutama motorik halus dan motorik kasar. Selain itu melatih kedisiplinan siswa, kemampuan bekerja sama dan melatih kecerdasan naturalis siswa,” terang Kepala Bidang Psikologi HSPG Putu Christine Ragim SPsi kepada KRJOGJA.com disela kegiatan.

Selain pengenalan, siswa inklusi juga diajak menyusun puzzel hewan dan tumbuhan agar lebih memahami. Setelah itu siswa diberi tugas untuk menceritakan kembali pengalaman yang telah diperoleh tersebut.

Sedangkan field trip hari kedua, Sabtu (25/8/2018) diperuntukkan bagi siswa jenjang SD dengan mengunjungi Omah Salak, Wonokerto Turi Sleman. Disitu, siswa diajak membuat bolen salak, mempelajari cara budidaya salak, cara memanen salak dan cara mengupas salak yang benar. Setelah itu siswa diminta untuk membuat bagan proses budidaya atau pengolahan salak dan mempresentasikan didepan guru dan siswa lain. “Melalui field trip diharapkan siswa memiliki pengalaman yang luas serta menambah wawasan yang langsung diperoleh dari sumbernya di lapangan,” ujar Putu

 

Kedaulatan Rakyat, 26 Agustus 2018

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *