0274-512160 / 081215168833 hspg.live@gmail.com

Oleh , 09 October 2018

Sebanyak 49 siswa Homeschooling Primagama (HSPG) Yogyakarta jenjang SMP mengikuti kegiatan field trip ke Kebun Buah Langka dan Museum Suharto, Sedayu Bantul, Sabtu (1/9/2018). Di Kebun Buah Langka para siswa diajak belajar mencangkok tanaman, okulasi dan mengenal jenis-jenis buah langka. Sedangkan di Museum Suharto, para siswa belajar sejarah dan mengenal jasa-jasa besar dari sosok Pahlawan Nasional sekaligus Presiden Ke-2 RI, Suharto.

Kepala Bidang Psikologi HSPG Putu Christine Ragim SPsi mengatakan, field trip kali ini mengangkat tema ‘Belajar dari Alam, Menjadikan Sekolah Semakin Menyenangkan’. Kegiatan belajar di luar ruang ini merupakan salah satu implementasi Kurikulum 2013 (K13), dimana siswa langsung berinteraksi dengan lingkungan. Setelah mengikuti rangkaian field trip, siswa diminta menulis deskripsi selama berkegiatan, dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

“Secara psikologi, kegiatan field trip ini bertujuan mengembangkan pembentukan karakter anak, seperti rasa tanggungjawab terhadap tugas, displin, kolaborasi, melatih kecerdasan intra dan interpersonal serta kecerdasan naturalis,” terang Putu kepada KRJOGJA.com disela kegiatan.

Direktur HSPG Ir Kusnanto MM mengatakan, Kurikulum K13 sangat pas diterapkan di HSPG karena sistem pembelajarannya yang fleksibel serta melibatkan partisipasi aktif siswa. Menurutnya di era globalisasi ada 2 karakter yang harus dibangun. Yakni karakter moral termasuk sikap dan perlikau (attitude) dan karakter kinerja meliputi pengetahuan (knowledge) dan ketrampilan (skill). “Field trip ini sangat penting untuk membangun dua karakter tersebut dalam diri anak yaitu karakter moral dan karakter kinerja,” pungkasnya.

 

Sumber: Kedaulatan Rakyat – 2 September 2018

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *